Saturday 19 May 2018

Sahur Praktis dengan Beef Teriyaki


Moshi-moshi pembaca setia artikel Nisa's Wonderful Life Story, O genki desuka? pastinya selalu sehat ya. AMIN. Alhamdulillah di tahun ini kita dipertemukan lagi dengan Bulan Ramadhan yang penuh berkah dan kebaikan ini.  Dan sebagai seorang mom, kita juga seharusnya memiliki segudang ide menu masakkan buka dan sahur agar keluarga tercinta tetap mendapatkan nutrisi dan energi di saat berpuasa.
Ngomong-ngomong bicara sahur, kira-kira menu apa ya yang mudah di masak untuk keluarga tercinta? Ga' mungkin kan masak Mi Goreng, Telur Goreng terus? Nah,   kali ini saya akan memberi resep sederhana masakan Jepang yang cocok dijadikan menu sahur. Untuk kalian para pencinta kuliner Negeri Sakura pasti tau donk dengan masakkan yang satu ini, dimana cara memasaknya menggunakan kecap dan Sake tetapi sake ini bisa diganti dengan Gula Jawa yang lebih halal pastinya. 
Alhamdulillah pertama kali nyoba resep ini, suami suka banget (walau katanya cuma daging di ungkep 😭) padahal kan ni masakkan namanya Teriyaki. 
Memasak teriyaki ini bisa menggunakan daging ayam, sapi, atau udang lho bund. Tetapi karena di freezer adanya daging sapi, jadi saya pakai daging sapi aja. 
Yuk intip resepnya:

Siapkan bahannya:
1. 1/2 kg daging sapi
2. 1 siung Bawang Putih dan 1/2 Bawang Bombay
3. 1/2 sendok teh merica halus
4. Kecap
5. Gula Jawa
6. 1 ruas Jahe
7. 1 bungkus saori saus tiram
8. 1/2 bungkus saori teriyaki
9. 2 sendok makan margarin
10. secukupnya daun bawang
11. 3 Cabai rawit (optional)
12. Garam
13. Air
Jahe,gula jawa, dan daun bawang lupa gak kefoto
 Cara memasak:
1. Iris tipis daging Sapi kemudian Bawang Putih di cincang dan jahenya bisa juga dicincang atau dihaluskan.
2. Campur daging sapi dengan jahe dan bawang putih yang sudah dicincang tadi, tambahkan lada halus, saori saus tiram , tunggu hingga 1 jam agar bumbunya meresap.

Baca juga : Resep membuat Cireng Banyur
 
*Setelah 1 jam
3. Iris tipis bawang bombaynya dan cabai rawit bagi yang ingin menggunakannya.
4. Tumis bawang bombay dengan margarin hingga layu, masukkan cabainya.
5. Tambahkan daging sapi, masak hingga daging menjadi empuk.
6. Tambahkan kecap lalu air secukupnya dan gula jawa.
7. Beri 1/2 bungkus saori teriyaki dan garam, koreksi rasa.
8. Jika sudah pas rasanya,masak hingga kuah menyusut. 
9. Angkat, letakkan di piring dan beri daun bawang sebagai toppingnya.
10. Dan taraaaa, BEEF TERIYAKI ala rumahan siap disajikan.

hmmm.. Oishii
Bagimana moms? mudah bukan? dengan memasak makanan sendiri, tentunya kita dapat menghemat biaya pengeluaran bulanan kita dan yang paling penting, kebersihan makanan pun juga terjaga.  Yuk, ah moms segera dicoba resepnya. 

Hontouni Arigatou


Salam manis dari si gingsul

4 comments:

  1. Enaknya yang bisa masak2
    Saya sih bisanya beli, hihi...

    ReplyDelete
  2. Duh, kalo udah ngolah daging aku angkat tangan deh mbaaak. Satu-satunya hasil olahanku berbahan daging yang layak dimakan itu cuma Dendeng Balado. Selebihnya ampuuuun. Tapi ini resep kayaknya simpel ya, boleh juga jadi bahan percobaan di dapur. Hihihi. Tfs ya mbaaaak.

    ReplyDelete
  3. Andalaaan yaaaa teriyaki ini, cukup sreng-sreng bentar, lalu icip udah passss bumbunya. Perpaduan bawang merah, bawang putih dan bombay saat gorengan pertama menentukan lezatnya beef teriyaki ya mak. Nyaaammm

    ReplyDelete
  4. Ini ribetnya mungkin pas harus nunggu bumbu meresap ya. Dulu sempet bikin ini, tapi skr pake bumbu instan atau beli aja biar lebih praktis

    ReplyDelete