Friday, 28 July 2017

Tutorial Bros Flanel Lolipop

July 28, 2017 0 Comments
 Kali ini saya akan membeberkan cara membuat bros dari kain Flanel berbentuk Lolipop. Tapi butuh modal dikit untuk membeli Flanelnya, kalau post kemarin kan cuma dari kain perca, jadi gratis (bagi aku sech) soalnya Ibu saya a tailor women.

Ok langsung saja, langkah pertama siapkan bahan dan alatnya.
1. Gunting
2. Dua kain flanel (warnanya beda)
3. Lem bakar & Glue Gun
4. Benang & Jarum
5. Peniti bros
                                         6. Penggaris

Dan Inilah penampakan gambar bahan &alatnya :
Kemudian potong kain flanel seperti gambar dibawah ini

 Setelah sudah dipotong seperti ukuran yang saya berikan, (tapi kalau brosnya mau agak gedean boleh lho, ini hanya ukuran standar saja) gabungkan dua flanel yang berukuran 15 x 1 cm yang nantinya akan dibentuk lolipopnya. bentuknya digulung-gulung ya kemudian nanti ujungnya di lem.

Next, setelah sudah buat lolipopnya, kita buat sticknya. Caranya sama, hanya digulung-gulung lalu ujungnya di lem. Penampakannya seperti di bawah ini
Lolipop dan stick sudah jadi, yang terakhir bentuk pitanya ya. caranya ambil bagian tengah kain kemudian kerutkan menjadi 3 bagian. Setelah itu bagian tengahnya kita tusuk menggunakan jarum dan dililit dengan benang. Setelah berbentuk pita..ambil kain yang panjangnya 3 cm.. lilitkan pada bagian tengah pita agar benang tidak kelihatan.
Dan inilah penampakan Lolipop, stick, dan pita yang sudah jadi tapi belum kita gabung jadi satu ya.
Kemudian cara gabunginnya mudah banget, lem dulu untuk lolipop dan sticknya, baru pita. Jangan lupa, bagian belakang bros kasih peniti brosnya ya.
Dan taraaaa bros flanel lolilop siap dipakai untuk menambah kekerenan penampilan anda.



Wednesday, 26 July 2017

Parenting

July 26, 2017 0 Comments

Antara Ayah, Ibu, dan Anak

Banyak orang-orang yang bilang saya masih kayak anak SMA, hhaa. Ketika sudah mengetahui bahwa saya sudah bersuami dan memiliki anak, banyak yang kurang percaya 😅😋. Jadi, kayak kurang credible atau gak cocok gitu ya kalau saya berani banget membahas dunia Parenting. Tapi gini-gini saya juga udah jadi emak-emak. Insya Allah juga sudah memiliki pengalaman dalam mengasuh anak 😊. So, it's ok lah, kalau saya sedikit-sedikit membuat tulisan seputar dunia mengasuh anak.


Silahkan Bunda-bunda yang ingin kepo, klik saja judul artikelnya..Happy reading

1. Baik dan buruk menyusui anak lebih dari 2 tahun

2.Smartphone untuk anakku

Baik dan Buruk menyusui anak lebih dari 2 tahun

July 26, 2017 8 Comments

Yogyakarta, 27 Juli 2017



      Kenapa saya memilih topik ini untuk dibahas? ya, karena saya sendiri masih melakukan Breastfeeding bahasa kerennya sech "Nenenin", bukan bermaksud mesum lho. :). Saat ini anak saya berumur 2 tahun lebih 3 bulan. Banyak tetangga yang terheran-heran, anak umur 2 tahun kok belum disapih? Alasannya simple, belum tega dan belum siap untuk menyapih, hhe. Rencana mau saya sapih ketika sudah umur 2 tahun 6 bulan. Tapi asal bunda-bunda tau, walau anak masih menyusu di umur 2 tahun lebih, ada segudang manfaat yang bisa kita ambil But tetep ada sisi negatifnya juga. Wajarlah semua hal di dunia ini kan ada sisi positif dan negatifnya.
      Seperti yang diketahui Organisasi Kesehatan (WHO) menyarankan untuk pemberian ASI Eksklusif dilakukan hanya selama 6 bulan saja, selanjutnya pemberian ASI di umur 6 bulan lebih, bayi mulai  diperkenalkan dengan MP ASI (makanan pendamping). WHO juga mengatakan pemberian ASI dapat dilakukan MINIMAL sampai 2 tahun. Jadi, lebih boleh kan bund? kan minimal bukan maksimal. :), namun pasti di dalam benak para bunda menimbulkan pertanyaan, apa sech dampak positif dan dampak negatif menyusui lebih dari 2 tahun?



Maanfaat menyusui di atas 2 tahun:


1. Dalam hal kecerdasan, anak yang menyusu lebih lama memiliki IQ yang tinggi dibandingkan dengan anak yang menyusu hanya sampai dibawah 2 tahun.


2. Memiliki kekebalan tubuh yang baik.


3. Menurut Elizabeth N. Baldwin, "anak yang menemukan kemandiriannya sendiri akan lebih mandiri dibandingkan dengan anak yang dipaksa untuk mandiri".    

 

   

Maksudnya adalah tunggulah anak itu siap untuk disapih dan jangan memaksanya apabila belum siap untuk disapih (tapi tergantung kondisi Bundanya juga). Anak yang sudah siap disapih akan jauh lebih mandiri.



Dampak negatifnya:


1. Kandungan ASI berpotensi merusak gigi.


2. Saat bayi menyusu, giginya tak akan tersentuh air liur, padahal air liur memiliki fungsi untuk melindungi gigi dari bakteri.



* TAPI ITU BISA DICEGAH LHO Bund,


1. rajin-rajinlah menyikat gigi anak, kalau belum mau pakai sikat gigi, pakailah kain basah untuk menggosoknya (Aku banget).

 
 
 
 

2. Jangan biarkan puting berada di dalam mulut bayi semalaman, supaya air liurnya dapat menjalankan fungsinya.

 

 

Untuk langkah selanjutnya, terserah keputusan bunda-bunda sekalian apakah mau disapih kurang dari 2 tahun atau lebih, karena topik ini sebenarnya masih bersifat kontroversial. Sekian dari saya, semoga bermanfaat. :* :*

 

       


Tuesday, 25 July 2017

Tutorial Hijab

July 25, 2017 0 Comments
Disini saya akan menampilkan beberapa contoh berhijab dengan jilbab segi empat dan pashmina yang Elegan tapi tidak lebay.

1. 

2. 

3.



4.

Tteokbokki (Korean food)

July 25, 2017 3 Comments
       Hai-hai bunda and sista, siapa yang ngakunya suka K-pop? Drakor?  K-Variety Show? masakan Korea? Gak lengkap kan klo kita belum pernah nyobain masakan Korea. Nah, kali ini saya akan berbagi info cara memasak Tteokbokki yang mudah dan pastinya gak perlu mengeluarkan banyak duit buat beli di restaurant high class. 
     Sebelum itu saya akan menjelaskan apa sech Tteokbokki itu?
Tteokbokki adalah masakan Korea yang berasal dari tepung beras yang kemudian dibentuk secara batang atau silinder dan dimasak secara pedas dan manis.
     Bunda-bunda dan chingu udah gak sabar y? Ok, saya akan mulai memberi resepnya. 

* Pertama-tama siapkan adonan Tteokbokkinya ya.
1. 10 sdm tepung beras
2. 4 sdm tepung tapioka
3. Secukupnya air panas dan garam

*Untuk saosnya:
1. 10 cabe merah dan cabe rawit (sesuai selera)
2. Saos sambal
3. 2 siung Bawang Putih
4. Secukupnya gula dan garam, kasih vetsin(micin) juga boleh

*Bahan tambahan (optional)
1. Wortel dan sawi putih
2. otak-otak
3. Bawang Bombay

Cara membuat:
1. Campur tepung kanji dan tepung beras (di ayak)
2. Beri air panas secukupnya, uleni sampai kalis, kemudian bentuk memanjang (silinder)
3. Rebus adonan tadi di air yang mendidih, sambil menunggu adonannya matang potong sayurannya, otak-otak dan siapkan bahan saosnya.
4.  Jika adonannya sudah mengapung itu tandanya sudah matang ya, tiriskan.
5. Untuk membuat saosnya, tumis Bawang putih dan cabai yang sudah dihaluskan kemudian tambahkan bawang bombay hingga harum. 
6. Masukkan air secukupnya.
7. Tambahkan saos sambal, gula, garam, micin (optional) lalu koreksi rasanya
8. Masukkan sayuran dan tteokbokkinya, aduk hingga tercampur.
9. Dan Voila, Ttokbokkinya Korean Food ala-ala rumahan sudah siap disajikan. :*



Sunday, 23 July 2017

Travelling sambil Belajar Sejarah ke Candi Kembar (The twins temple)

July 23, 2017 5 Comments

       Setiap hari Minggu keluarga kecil kami memang selalu menyempatkan untuk pergi berlibur ke suatu tempat yang memang lagi nghits terutama di Yogyakarta. Selain itu, misi utama kami adalah untuk menanamkan jiwa travelling pada si kecil. Jadi, kami putuskan untuk pergi berlibur ke tempat yang berbau sejarah. Maklum daerah Yogyakarta dan sekitarnya memiliki banyak kawasan wisata yang menarik, bersejarah sehingga waktu sehari saja tidak akan cukup untuk mengunjungi semua tempat wisata di Yogya dan Jateng.
Lalu tempat apa yang bersejarah itu?
    Apakah anda tau sinetron terbaru Saur Sepuh yang tayang di SCTV? Tau lokasi syutingnya dimana? yupz (bacanya ala TUTI dunia terbalik), salah satu lokasi syuting yang dipakai adalah di tempat ini, yang kemarin hari Minggu kami berlibur kesana. Karena tempatnya tidak terlalu jauh dari rumah, dan tentunya harga tiket masuk di Lokasi ini murah meriah. Sehingga kami putuskan untuk mengunjungi tempat bersejarah ini.
        Candi Plaosan, ini lah nama candi yang biasa disebut sebagai candi kembar. Candi ini terletak di belakang Candi Prambanan. Tapi kami gak mampir ke candi Prambanan, karena melihat-lihat situasi dompet kami..hhaa. Harga tiket masuk Candi Plaosan pun juga murah cuma Rp 3.000/orang, tempatnya pun luas, pokonya gak kalah ma Candi Prambanan dan Borobudur. O ya, Candi Plaosan itu tidak terletak di kawasan Yogyakarta ya, tapi sudah masuk Jawa Tengah, lebih tepatnya lagi di Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Candi ini merupakan sebuah kompleks bangunan kuno yang terbagi menjadi dua, yaitu kompleks Candi Plaosan lor (utara) dan Candi Plaosan kidul (selatan). 
         Candi yang berlatar belakang agama Buddha ini dibangun oleh seorang putri raja bernama Pramodhawardhani atau Sri Kahuluan dari dinasti Syailendra pada abad 9 Masehi. Dalam mendirikan bangunan suci ini didampingi suaminya Rakai Pikatan, seorang raja beragama Hindu berasal dari dinasti Sanjaya yang membangun Candi Prambanan.
Candi Plaosan Lor dan Kidul
         Candi Induk Utara ini terdapat relief yang menggambarkan tokoh-tokoh wanita dan ada selasar terbuka dengan beberapa arca buddhis. Sedangkan Candi induk selatan, reliefnya menggambarkan tokoh laki-laki.
Baca juga: Merapi Park dengan Icon dunianya
         Kedua candi induk ini dikelilingi oleh 116 stupa perwara. Pada masing-masing candi induk terdapat 6 patung Dhiyani Boddhisatwa. Walaupun Candi ini adalah Candi Buddha, tetapi gaya arsitekturnya merupakan perpaduan antara agama Budha dan Hindu.
Mungkin sekian penjelasan tentang Candi Plaosan. Semoga bermanfaat.
 Kami sangat merekomendasikan tempat ini jika anda ingin liburan yang murah, bisa menambah wawasan, serta tidak jauh dari rumah anda terutama warga Yogyakarta dan sekitarnya.
So, kemana anda akan berencana untuk liburan akhir pekan ini? 

Resume in English:
         Candi Plaosan is located in Klaten, Central Java. This temple is divided into two, namely Candi Plaosan Lor (the north Plaosan Temple) and Candi Plaosan kidul (the south Plaosan Temple). A Buddhist temple built by a queen, Pramodhawardhani of Sri Kahuluan from Syailendra dynasty in 9th century. She was assisted by her husband, Rakai Pikata, a Hindu king who built the famous Prambanan temple. 
Thank you, Enjoy your weekend!

 


(Artikel ini diikutsertakan dalam KEB Collablogging grup Raisa) yang ingin membaca tempat wisata lainnya bisa kunjungi blog Mak Ketua Ima di www.tamasyaku.com dan baca artikelnya di web KEB berjudul Liburan Akhir Pekan, Ke Mana Ya?

Untuk referensi lain tentang travelling, anda bisa kunjungi blog ini:
1. Travelling Saat Hamil, Siapa Takut?, author: Mak Ery
2.BSZ, Bukan Kebun Binatang Biasa, author: Mak Dira
3.Setelah Berpetualang, author: Mak Gifta
4.Keistimewaan Travelling ke Batutumonga, author: Mak Winarni
5.Tak Harus ke Papua, author: Mak Merry   
 
Domo Arigatou ^^

Thursday, 20 July 2017

Tutorial membuat Bros kain perca

July 20, 2017 0 Comments
Kali ini saya akan memberi contoh cara mudah membikin bros dari kain perca. Lumayan kalau sudah expert bisa buat nambah uang jajan. Alat dan Bahannya pun mudah didapat.😙

1. Siapkan alat & bahan (Prepare the materials)
  - Lem bakar
  - Glue Gun
  - Jarum jahit & benang
  - Kain perca (aku pake kain brukat & flannel
  - Kancing
 - Peniti bros

Ini dia penampakan alat beserta bahannya
2. Langkah yang kedua potong kain menjadi 5 bagian jadi 7 juga boleh, motongmya bulat ya. Kain flannelnya juga dipotong bulat tapi 1 aja buat dasaran brosnya.
3. Next step, lipat kain yang udah dipotong tadi jadi bentuk segitiga. caranya kamu harus lipat jadi setengah bundar baru lipat lagi jadi segitiga.


4. Selanjutnya, jika sudah dilipat menjadi bentuk segitiga, jahit semua kelima kain tadi ya. Penampakannya seperti ini :
5. Sudah dijahit semua? baiklah, langkah selanjutnya adalah jahitannya dikunci sehingga menjadi bunga yang masih belum sempurna.
6. Kemudian lem bagian tengahnya untuk menempelkan kancingnya. Sehingga jadi seperti ini :
7. Setelah itu, gantian bagian belakagnya ya, beri lem lagi bagian tengahnya untuk menempelkan kain flannel. Setelah kain flannel menyatu dengan bunga beri lem lagi untuk peniti brosnya.
8. Dan taraaaa jadilah bros kain siap pakai untuk memperindah penampilan sista yang cantik dan cetar membahana.