Monday, 18 December 2017

Pentingkah Menjaga Kesehatan Mental?

Gambar: dosenmuslim.com
Dilansir Hellosehat.com (09/02/17) Kesehatan mental meliputi kondisi emosional, psikologis, dan kesejahteraan sosial. Penyakit mental merupakan penyakit pada otak yang mengganggu keseimbangan kimiawi dimana secara negatif dapat mempengaruhi kualitas hidup. Gangguan mental bisa menjadi kondisi akut, namun dapat ditangani dengan bantuan dokter. 

Apa Penyebab Penyakit Mental? 

Gambar: merdeka.com
Kesehatan mental bisa dipengaruhi oleh peristiwa dalam kehidupan yang meninggalkan dampak besar pada kepribadian dan perilaku seseorang. Seperti kekerasan dalam rumah tangga, pelecehan, atau stress berkepanjangan. Peristiwa-peristiwa tersebut dapat memunculkan keinginan untuk menyakiti diri sendiri, sehingga kesehatan mental harus selalu dijaga dari masa anak-anak, remaja, hingga dewasa.

Gejala Penyakit Mental

Ketika kesehatan mental sedang terganggu, pada umumnya mereka (orang yang mengalami penyakit ini) akan merasakan perubahan susasana hatinya, seperti merasa sedih, murung, marah berlebihan, mudah tersinggung, kesal, mudah khawatir. Tak hanya itu, bahkan ada yang menjauh dari masyarakat (sosial) dan kemudian berpikir untuk segera mengakhiri hidupnya.

Bagaimana Cara Menyembuhkan Penderita Penyakit Mental Ini?

Gambar: bacaterus.com
1. Psikoterapi

Terapi ini merupakan terapi bicara dimana si pasien dengan bebas mengungkapkan perasaannya dan kemudian meminta saran kepada Psikoterapis. Psikoterapis nantinya akan membimbing pasien cara mengontrol perasaan dan memberikan nasihat-nasihat yang baik untuk si pasien. Beberapa contoh Psikoterapi adalah Cognitive Behavioral Therapy, Exposure Therapy, Dialetical Behavoir Therapy, dll.

2. Obat

Cara ini adalah dengan memberikan obat untuk si pasien yang dapat mengubah kimia otak. Obat tersebut termasuk Selective Serotonin Reuptake Inhibitor (SSRI), Serotonin-Norepinefrin Reuptake Inhibitor (SNRI) dan antidepresan trisiklik. Biasanya obat ini diberikan bersamaan ketika si pasien melakukan psikoterapi.

3. Support Group

Para penderita yang pernah mengalami penyakit ini dan yang sedang berkumpul untuk berbagi pengalaman dan membimbing satu sama lain menuju pemulihan.
Jadi menjaga kesehatan mental itu penting ya, agar pikiran tetap tenang dan waras. Serta jangan lupa untuk tetap berpikir positif, selalu mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa (Habluminnallah), dan hubungan dalam masyarakat tetap terjaga (Habluminannas). Insya Allah anda akan lebih enjoy menjalani kehidupan ini walau banyak ujian hidup yang harus ditempuh.

Sumber referensi: Hellosehat.com

Artikel ini diikutsertakan dalam #KEBCollablogging Grup Raisa. Baca juga artikel yang membahas tentang kesehatan mental dengan judul:

3 comments:

  1. Gangguan kesehatan mental memang bersumber dari pikiran. Selalu berpikir positif tentu jadi kunci utama biar selalu sehat lahir batin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mak..slalu postf thinking biar waras trz

      Delete
  2. Jangan malu untuk minta bantuan ketika menjadi sangat emosional dalam jangka waktu yang cukup lama juga menjadi kunci ya Mba..

    ReplyDelete