Sunday, 9 September 2018

Wisata Sejarah ke Candi Barong Yogyakarta

September 09, 2018 2 Comments
     Yogyakarta memang pantas disebut sebagai destinasi wisata kedua setelah Bali. Kota Istimewa ini menyuguhkan keindahan alamnya yang luar biasa sehingga mampu menarik wisatawan lokal dan wisatawan asing. Saat ini banyak sekali tempat wisata baru bermunculan dan pastinya Instagrammable yang membuat para traveler berlomba-lomba untuk mendapatkan spot foto menarik di tempat wisata yang dikunjunginya. Di zaman digital ini semua orang pasti suka bernasis ria kemudian di upload di media sosial untuk mendapatkan "jempol" atau like sebanyak mungkin. Bener kan readers
      Selain keindahan alamnya, kota ini juga memiliki segudang tapak tilas sejarah yang patut untuk dikunjungi, ada Keraton Ngayogyakrta, Taman Sari, Museum, Makam Raja-Raja Imogiri, dan Candi. Berbicara mengenai Candi, apakah readers tau jika Yogyakarta memiliki 12 candi? mana yang sudah anda kunjungi? Pasti pertama Candi Prambanan ya...
        Kali ini saya akan memperkenalkan sebuah Candi yang masih asri, masih sepi seperti milik sendiri cocok buat kongkow pastinya, dan harga tiket masih terjangkau hanya Rp 5.000/ orang. Candi Barong ini berlokasi agak pelosok ya, kami( saya, suami, dan anak) harus mendaki gunung, lewati lembah, sungai mengalir indah ke samudera.. malah nyanyi. Tetapi beneran lho, jalannya mantap sekali, cocok bagi kalian para traveler yang suka tantangan. Jalannya terjal, naik, turun. Awalnya ragu-ragu, ini beneran jalannya bukan seh, kok tidak ada tanda-tanda ada tempat wisata atau petunjuk jalan menuju Candi tersebut. Dan akhirnya kami menemukan petunjuk jalannya, sampai deh. Alhamdulillah.
         Saat membeli tiket, suami saya tanya pada penjaga Candi Barong "ada alternatif jalan tidak selain jalan yang kami lewati tadi?" dan jawabannya adalah ada kawan, jadi kalau kalian mau ke Candi Barong lewat jalan yang nyaman, ambil rute atau jalan menuju Candi Prambanan, belok kanan di persimpangan sebelum Candi Prambanan (selatan) kemudian ikuti petunjuk jalan yang menuju Candi Barong. Atau ingin merasakan terjalnya jalan yang kami lewati waktu berangkatnya? boleh banget lho, jadi kalian ke arah jalan menuju tebing breksi/ candi Ijo, selanjutnya nanti akan ada arah jalan menuju ke Candi Barong. Mudah bukan?
         Area Candi Barong ini lumayan luas, ada gazebonya untuk bersantai-santai sambil menikmati keindahan alamnya.

Baca juga : Si Candi Kembar
  
Candi Barong ini bercorak Hindu yang tidak memiliki bilik (ruangan dalam candi). Yang ada hanyalah relung untuk meletakkan arca. Candi ini memiliki bangunan sederhana, tanpa relief yang menghiasi. Namun, ketika menapaki satu-persatu undakan menuju ke candi, kita akan merasakan kejeniusan masyarakat lokal masa silam. Pelatarannya yang luas dan berada di atas bukit memberikan keindahan yang berbeda dari tempat wisata yang lainnya.

Disebut Candi Barong karena terdapat hiasan kala di relung tubuh candi yang tampak seperti Barong. Berbeda dengan candi-candi lainnya di Jawa, Candi Barong merupakan punden berundak, yaitu model bangunan suci pada masa prahindu.  

Tak butuh waktu lama untuk mengelilingi keseluruhan bangunannya. Tapi menikmati pemandangan di sekelilingnya dengan angin yang berhembus membuat raga ini betah berlama-lama (lebay).
Demikian deskripsi singkat tentang Candi Barong, yang belum pernah kesini, yuk sempatkan waktu untuk mengunjungi tempat sejarah ini.

Karena artikel ini diikutsertakan dalam #KEBbloggingcollab grup Raisa, maka dari itu mari baca juga artikel lainnya tentang wisata sejarah juga yang ada di dalam negeri maupun luar negeri:

1. Wisata Sejarah Kota Surabaya Wajib Dikunjungi ditulis Mak Indira

2. Wisata Sejarah di Jakarta, Mau Kemana? ditulis Mak Gifta

3. Wisata Sejarah di Riau, Indahnya Istana Raja Hingga Kisah Kelam Romusha ditulis Mak Merry

4. Yuk, Berwisata Sejarah ditulis Mak Ery

Terima kasih, salam manis dari si gingsul 😅

Saturday, 19 May 2018

May 19, 2018 2 Comments



Silahkan pilih model aksesorisnya😀, Harga sudah nett ya, minimal order 100 pcs khusus pembelian untuk sovenir nikahan. Order sebulan sebelum acara ya , biar saya buatnya tidak terburu-buru

BROS Dahlia Rp 1.000,-

BROS PITA  Rp 1.000,-

BROS MODEL KHECE1B Rp 1.000

       BROS MODEL KHECE1C Rp 1.000

BROS Dahlia TUMPUK Rp 3.000

        BROS PITA MUTIARA Rp 3.000

BROS TUMPUK Miutiara Rp 4.000

BROS BUNGA BATU RESIN Rp 8.000

Hairpin/Jepit Rambut Rp 3.000

HEADBAND/Bando Rp 8.000


BROS MUTIARA Rp  6.000

BROS KIPAS PITA Rp 2.500

BROS UBUR-UBUR 2 warna Rp 3.000

BROS MAWAR Rp 5.000

                                            

Swiwi Bros Rp 4.500

Bros Pita Mutiara Rp 3.000

 

Bros Mutiara Alfabet Rp 6.000

Bros Bahu Rp 5.000

Bros Laba-laba Rp 4.000

Bros Brukat Mutiara Rp 6.000

  

Bros Ubur-ubur Rp 3.000

Bros/ Headpiece Rp 10.000

Bros Mawar Brukat Rp 5.000

Sahur Praktis dengan Beef Teriyaki

May 19, 2018 4 Comments

Moshi-moshi pembaca setia artikel Nisa's Wonderful Life Story, O genki desuka? pastinya selalu sehat ya. AMIN. Alhamdulillah di tahun ini kita dipertemukan lagi dengan Bulan Ramadhan yang penuh berkah dan kebaikan ini.  Dan sebagai seorang mom, kita juga seharusnya memiliki segudang ide menu masakkan buka dan sahur agar keluarga tercinta tetap mendapatkan nutrisi dan energi di saat berpuasa.
Ngomong-ngomong bicara sahur, kira-kira menu apa ya yang mudah di masak untuk keluarga tercinta? Ga' mungkin kan masak Mi Goreng, Telur Goreng terus? Nah,   kali ini saya akan memberi resep sederhana masakan Jepang yang cocok dijadikan menu sahur. Untuk kalian para pencinta kuliner Negeri Sakura pasti tau donk dengan masakkan yang satu ini, dimana cara memasaknya menggunakan kecap dan Sake tetapi sake ini bisa diganti dengan Gula Jawa yang lebih halal pastinya. 
Alhamdulillah pertama kali nyoba resep ini, suami suka banget (walau katanya cuma daging di ungkep 😭) padahal kan ni masakkan namanya Teriyaki. 
Memasak teriyaki ini bisa menggunakan daging ayam, sapi, atau udang lho bund. Tetapi karena di freezer adanya daging sapi, jadi saya pakai daging sapi aja. 
Yuk intip resepnya:

Siapkan bahannya:
1. 1/2 kg daging sapi
2. 1 siung Bawang Putih dan 1/2 Bawang Bombay
3. 1/2 sendok teh merica halus
4. Kecap
5. Gula Jawa
6. 1 ruas Jahe
7. 1 bungkus saori saus tiram
8. 1/2 bungkus saori teriyaki
9. 2 sendok makan margarin
10. secukupnya daun bawang
11. 3 Cabai rawit (optional)
12. Garam
13. Air
Jahe,gula jawa, dan daun bawang lupa gak kefoto
 Cara memasak:
1. Iris tipis daging Sapi kemudian Bawang Putih di cincang dan jahenya bisa juga dicincang atau dihaluskan.
2. Campur daging sapi dengan jahe dan bawang putih yang sudah dicincang tadi, tambahkan lada halus, saori saus tiram , tunggu hingga 1 jam agar bumbunya meresap.

Baca juga : Resep membuat Cireng Banyur
 
*Setelah 1 jam
3. Iris tipis bawang bombaynya dan cabai rawit bagi yang ingin menggunakannya.
4. Tumis bawang bombay dengan margarin hingga layu, masukkan cabainya.
5. Tambahkan daging sapi, masak hingga daging menjadi empuk.
6. Tambahkan kecap lalu air secukupnya dan gula jawa.
7. Beri 1/2 bungkus saori teriyaki dan garam, koreksi rasa.
8. Jika sudah pas rasanya,masak hingga kuah menyusut. 
9. Angkat, letakkan di piring dan beri daun bawang sebagai toppingnya.
10. Dan taraaaa, BEEF TERIYAKI ala rumahan siap disajikan.

hmmm.. Oishii
Bagimana moms? mudah bukan? dengan memasak makanan sendiri, tentunya kita dapat menghemat biaya pengeluaran bulanan kita dan yang paling penting, kebersihan makanan pun juga terjaga.  Yuk, ah moms segera dicoba resepnya. 

Hontouni Arigatou


Salam manis dari si gingsul

Wednesday, 18 April 2018

Delicious Recipe: Tahu Walik Super Crispylicious

April 18, 2018 10 Comments
Yogyakarta, 19 April 2018

    Bagi pecinta kuliner Jawa Timur pasti tidak asing dengan camilan yang satu ini. Yupz (bacanya ala Tuti Dunia Terbalik) Tahu Walik. Kuliner ini merupakan makanan khas Banyuwangi, biasanya dijual bersamaan dengan Bakso.

      Istilah "walik" berasal dari Bahasa Jawa yang artinya balik. Jadi, tahunya itu dibalik yang biasanya putihan tahu berada didalam jadi diluar, dan kulit tahu berada di dalam. Kemudian di isi dengan adonan bakso. 

      Tapi untuk resep hari ini, saya menggunakan tahu pong dan untuk adonan baksonya saya tidak menggunakan daging ayam atau sapi melainkan Ebi. Yuks ah, tidak usah panjang lebar. Kita mulai bagaimana cara membuat tahu walik.

Siapkan bahannya:
1. Tahu pong
2. Ebi diganti pakai Ikan Teri juga bisa
3.  Tepung Terigu 8 sendok makan dan Tapioka 4 sendok makan
4. 2 siung Bawang Putih dan secukupnya merica
5. Garam dan penyedap rasa (optional)

Cara membuat:
1. Haluskan Bawang putih, merica, garam dan beri sedikit penyedap rasa
2. Ayak Tepung terigu dan Tapioka kemudian campur dengan bumbu yang sudah dihaluskan lalu campur dengan Ebi.
3. Beri Air, aduk hingga kalis.
4. Setelah isian untuk tahu walik sudah siap, belah tahu pong tadi lalu dibalik dan isi dengan adonan tadi hingga habis.
5. Jika sudah terisi semua, panaskan minyak lalu goreng deh.
6. Goreng hingga benar-benar crispy.
7. Dan tahu walik pun siap disajikan sebagai camilan keluarga anda.

O iya, agar kriuknya bertambah lama, jangan lupa bagian dalam tahu yang basah di keluarkan terlebih dahulu dan harus digoreng dengan minyak yang sangat panas ya.

Kriuknya tahu walik dan adonannya cocok sekali dinikmati dikala musim hujan.
Ok, selamat mencoba! Have a cook day!

Thursday, 8 February 2018

Yuk Coba 4 Trik Membuat Suasana Rumah Lebih Nyaman Ini!

February 08, 2018 3 Comments

rumahminimalisbagus.com
Premier, Sekunder, Tesier? Ya, materi itu masuk pelajaran IPS kelas 5 SD *di zaman saya lho. Dan memiliki Papan atau kata lebih familiarnya adalah Rumah ini termasuk dalam kebutuhan Premier atau kebutuhan utama yang tak kalah penting seperti Sandang (pakaian) dan Pangan (makanan). Lalu apa jadinya jika kita tidak memiliki Rumah? Kalau itu, anda pasti sudah tahu jawabannya 'kan. 😊. Dilansir Perumnas.co.id (20/01/15) sebanyak 12,5 juta rumah tangga Indonesia belum memiliki rumah, waoow angka yang lumayan fantastis bukan? Sebenarnya saya termasuk yang belum memiliki kediaman sendiri 😢, masih numpang sama orang tua. Doain ya kawan-kawan biar bisa dapat rumah sendiri segera. Amin.   

Saya ingat dulu, sewaktu masih di bangku sekolah dasar, saya mempelajari tujuan awal mula dibangunnya Papan adalah untuk tempat tinggal, melindungi anggota keluarga dari hujan, terik matahari, bahkan serangan hewan buas. Dan setelah kita terhindar segala macam efek-efek negatif dari luar Rumah, tentunya ingin dong memiliki suasana nyaman di dalam rumah sendiri? 'kan gak enak banget, misal pulang dari kerja sudah capek-capek, tapi sesampai di rumah, suasananya malah bikin tambah lelah dan gerah. Maka dari itu, bunda-bunda coba deh 4 trik sederhana ini untuk membuat suasana rumah lebih nyaman. Simak ya!

1. Lengkapi Sofa dengan Bantal 

lazada.co.id
Biasanya sofa itu sudak paketan dengan bantalnya 'kan bund? Nah, agar lebih bernilai seni, bunda bisa lho mengganti sarung bantal dan sarung sofa sesuai kreatifitas dan warna kesukaan bunda tapi warna yang cerah ya, kalau gelap-gelap nanti dikira rumah mbah dukun lagi..hhee. Kalau bunda seorang pengrajin tangan dan bisa menjahit, tentunya akan lebih meminimalisir pengeluaran, karena tidak perlu mengobrak-ngabrik isi dompet.

2. Hiasi Rumah dengan Tanaman

designrulz.com
 Bunga dan tanaman hijau selalu membuat suasana lebih sejuk dan enak dipandang. Oleh karena itu, carilah tanaman hias yang cocok untuk menghiasi rumah anda. Ketika tanaman menghiasi rumah anda, maka aura kenyamanan rumah anda akan lebih terpancar. Dan bakalan membuat anggota keluarga betah di Griyanya sendiri.

3. Foto Keluarga

lensarumah.com
Aneh rasanya jika suatu rumah tidak dilengkapi dengan foto para anggota keluarganya. Namun, jika anda ingin memasang foto keluarga, usahakan ukurannya tidak berbeda-beda yang akan membuat ruangan di rumah tampak berantakan. Biasanya foto keluarga cocok dipasang di ruang tamu atau ruang keluarga.

 4. Gunakan Lampu Meja atau Lantai

aliexpress.com
 Permainan cahaya adalah teknik yang paling tepat untuk merubah dinamika ruangan. Gunakkan lampu meja atau lantai di ruangan khusus anda beristirahat, karena lampu-lampu tersebut tidak terlalu terang yang dapat membuat anda lebih nyaman untuk rehat sejenak dari segala macam bentuk kegiatan. Dan letakkan lampu terang yang biasanya berada di atas kita di ruangan aktif, dimana kita selalu melakukan aktivitas-aktivitas di ruangan tersebut. 

Sekian, 4 trik dari saya, apakah anda memiliki cara lain agar rumah terlihat lebih nyaman? share yuk, di kolom komentar.

Sumber referensi: rumah.com

Artikel ini diikutsertakan dalam KEB Collabblogging Group Raisa, artikel bertema Hunian Nyaman lainnya dapat anda temukan di (klik pada judulnya ya!) :



3. Ruang Tamu Nyaman Bersekat , Author Mak Ery

4. Hunian Nyaman dengan Pengaturan Fungsi Ruang , Author Mak Gifta

5. Hunian Nyaman Ala Dirandi , Author Mak Dira

6. 7 Kunci Hunian Nyaman Ala Merrida Merry , Author Mak Merry  

Wednesday, 20 December 2017

Ingin Liburan Murah Meriah di Yogyakarta? Yuk Kesini Saja!

December 20, 2017 0 Comments

Tidak hanya dikenal sebagai kota pelajar dan kota yang kaya akan budaya, kota Yogyakarta kini kian populer akan sejuta tempat wisata yang indah, dan instagrammable cocok untuk di upload di medsos. Yogyakarta sendiri memiliki 5 kabupaten yang khas akan tempat wisata yang ditonjolkan. 

Jika anda mendengar kata-kata Gunung Kidul, apa yang langsung terlintas dalam pikiran anda? Saya jamin, pasti langsung kepikiran Pantai. Yupz, Kota 1001 Pantai adalah julukan untuk Kabupaten Gunung Kidul. Saat ini banyak pantai-pantai baru bermunculan di Gunung Kidul dan berkat bantuan sosial media, tempat wisata tersebut langsung menjadi incaran para wisatawan yang ingin berselfie ria. Sebenarnya dulu saya sempat bercita-cita akan menyambangi seluruh pantai yang ada di Gunung Kidul, tapi apa daya, setiap kesana selalu ketarik Pantai Baron 😂😭 atau pantai lainnya yang bisa buat main air. Namun, jika anda kurang menyukai Pantai, Gunung Kidul masih memiliki wisata alam yang tak kalah menariknya, seperti air terjun, goa, sungai, dan perbukitan yang menyuguhkan pemandangan spektakuler. 
Kemudian ada kabupaten Sleman yang terkenal akan Gunung Merapinya dan yang benar-benar lagi ngehits saat ini adalah tempat wisata dimana anda bisa berfoto dengan replika ikon dunia, dimana lagi kalau bukan di Merapi Park.
Selain itu juga, Sleman terkenal akan candi-candinya, tak heran jika kabupaten Sleman sering disebut sebagai kota seribu candi.
Berikutnya ada kabupaten Bantul. Bantul juga sebenarnya memiliki wisata pantai, namun tidak sebanyak Gunung Kidul. Dan juga antara pantai di kedua kabupaten ini memiliki perbedaan, pantai Bantul identik dengan pasir hitamnya sedangkan pantai Gunung Kidul memiliki pasir berwarna putih serta biaya masuknya yang murah. Inilah yang menyebabkan kenapa pantai Gunung Kidul lebih populer. Akan tetapi salah satu kecamatan di Bantul, yakni Dlingo, akhir-akhir ini mampu menyedot para wisatawan untuk mengunjungi tempat tersebut. Banyak tempat-tempat wisata baru bermunculan di kecamatan ini dengan spot foto yang menarik juga.
Selanjutnya kota Yogyakarta yang merupakan pusat segala aktivitas yang ada di DIY. Di kota Yogyakarta anda dapat mengunjungi Kraton Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat dan Pasar Beringharjo. 
Yang terkahir ada kabupaten Kulon Progo, sebenarnya saya juga jarang kesini. Cuma satu yang pernah saya kunjungi,yaitu Pantai Glagah. Tetapi menurut referensi yang saya baca (tempatwisatadaerah.blogspot.co.id (27/06/15)) Kulon Progo memiliki obyek wisata menarik seperti Hutan Wisata Kalibiru, Puncak Suroloyo dan wisata lainnya yang menyuguhkan pemandangan indah.

Oke, sekarang kita masuk keintinya. (dalam hati) Apa? dari tadi baru pembukaan? 😁. Ya, seperti yang saya ceritakan di artikel-artikel sebelumnya, setiap hari Minggu sebisa mungkin saya dan suami mengajak anak untuk berwisata alam tanpa harus menguras isi dompet. Kami mencari tempat wisata yang masih baru, fresh, belum banyak pengunjungnya, dan anak bisa bebas berlari kesana-kesini tetapi tetap diawasi juga. Lalu dimana saja itu?

1. Bukit Lintang Sewu


  
Di bukit Lintang Sewu anda akan disuguhkan pemandangan keindahan alam dari hutan kayunya. Di tempat ini juga banyak spot-spot foto yang dapat anda gunakan sebagai penunjang selfie anda. Ciri khas dari spot foto di Lintang Sewu adalah spot foto berbentuk bintang besar yang hanya ada di obyek wisata ini serta rumah terbalik, tetapi untuk foto di rumah terbalik anda dikenakan biaya Rp 3.000 ya. Harga Tiket Masuknya juga murah, hanya Rp 3.000 per orang serta biaya parkir untuk motor Rp 2.000. Lahan parkirnya cukup luas jika anda ingin menggunakan mobil atau bus. Lokasi Bukit Lintang Sewu berada di desa Muntuk, Dlingo, Bantul. Untuk rutenya sangat mudah dicari, jika anda sudah pernah ke Hutan Pinus, bukit ini berada setelah Hutan Pinus.

2. Bukit Papal



Klik "Local Guide" untuk melihat ulasan saya di google mengenai Batu Papal Local Guide. 
Untuk bisa ke tempat ini jalannya sangat mudah sekali, jika anda tahu Tebing Breksi dan Candi Ijo, anda tinggal ke timur lagi sekitar 2 km lagi anda akan tiba di gardu pandang Batu Papal. Cukup membayar Rp. 5000 anda bisa menikmati keindahan alam Yogyakarta.

3. Grhatama Pustaka

Klik "Local Guide" untuk melihat ulasan saya di google mengenai Grhatama Pustaka Local Guide




Tempat yang satu ini bukanlah tempat wisata alam, tetapi wisata dimana kamu dapat menemukan berbagai macam koleksi buku dengan kategori yang bermacam-macam. Buku untuk anak-anak hingga dewasa,  dapat kamu temukan di tempat ini.

Jujur saja, ketika saya ingin menyenangkan hati anak, saya ajak dia ketempat ini, karena di tempat ini terdapat ruang bermain anak. Tidak ada biaya masuk, parkir pun gratis. Lumayan isi dompet tidak berkurang. hehehe.

Grhatama Pustaka terletak di Jalan Janti, timur Jogja Expo Centre. Tempatnya luas dan nyaman. Recommended bagi kalian yang kutu buku.