Tuesday 26 September 2017

Menjadi Blogger Harus Melek Kode?

Sumber: google.com

         Pertama kali mendengar kata kode yang terlintas di pikiran adalah kode telepon, kode pos..hehe, maklum kan itu pertama kali. Kode atau Coding yang saya maksudkan disini adalah sekumpulan kode yang digunakkan para programmer untuk membuat sebuah program komputer baik itu berbasis web, desktop, atau mobile. Lalu apa hubungannya kode dengan ngblog? apa penting? Tentu penting dan ada hubungannya (menurut saya) karena apa? agar blog kita juga masuk dalam kategori SEO dan tentunya lebih terlihat waoow amazing, wonderful 😎.
           Saya juga mendapat kesempatan belajar Coding ini dari Coding Mum yang diselenggarakan Bekraf bekerjasama dengan Dilo dan Kolla itupun secara gratis selama 1 bulan di Jogja Digital Valley. Memang harus disyukuri karena saya lolos seleksi dan bisa berkenalan dengan mom-mom yang luar biasa (My Unforgettable Experience). Saat belajar coding pun diperbolehkan membawa anak, karena tujuan diselenggarakan Coding Mum untuk memberi ketrampilan membuat suatu program komputer pada Ibu Rumah Tangga dimana pekerjaannya bisa dilakukan dirumah tanpa meninggalkan si kecil dan pekerjaan rumah.
Saya yang bergaun merah :) {taken by Kolla}
        Pertama kali memutuskan untuk menulis di blog itupun karena saya mengenal banyak pemblogger profesional yang turut serta dalam event ini. Ada mom Ety, mom Aya, dan mom Ika.
Sebenarnya waktu SMA sudah punya blog, tapi bingung mau di apain akhirnya saya vacuum. Jika ingin kepo blog saya yang sedikit lebay boleh lho mampir di niceshe.blogspot.com.
       (Back to the topic) Kemudian 3 bulan lalu saat saya membuka blogspot.com untuk pertama kalinya setelah bertahun-tahun ternyata lebih mudah yang dulu, kalau dulu jika ingin mengubah template blog sudah ada kode dibawah contoh gambar sekarang harus di download dulu.
Dan membutuhkan waktu berjam-jam untuk mengedit layout blog. Kalau bunda gimana ? butuh berjam-jam jugakah? atau hanya bermenit-menit?


Apakah mom tau jika layout-layout blog yang kita gunakan ini juga berasal dari sekumpulan kode?


Melihat sekumpulan kode itu pusing gak sech mom? Hebat ya para programmer bisa baca dan faham kode-kode itu.
Ketrampilan yang saya dapatkan dari Coding Mum pun saya pakai untuk mengedit layout tersebut. Memang ada beberapa layout dimana kita hanya mengedit lewat "Tata Letak" ada juga yang mengharuskan kita untuk mengubahnya langsung di versi htmlnya yang ini yang paling rumit.
Para pemblogger pun mau-mau tidak mau harus melek kode, dan inilah kode html yang biasa dipakai para blogger:

1.  Kode "Link" pada Anchor Text
             Anchor text adalah salah satu topik SEO. Anchor text adalah sebuah teks terlihat yang digunakan untuk hyperlink. Anchor text biasanya memberikan informasi tentang isi dan tujuan link.

             Banyak para pemblogger menyisipkan sebuah link di dalam artikel mereka. Sebagai contoh: "Baca juga: Tutorial membuat Bros dari Kain Perca" dalam kalimat Tutorial membuat Bros dari Kain Perca terselip kode link agar pembaca juga membaca artikel tersebut. Lalu apa kode linknya? anda cukup mengetik

Mudah bukan?

2. Membuat tulisan atau gambar berjalan
              Yang ini hanya optional saja, jika ingin blog terlihat unik silahkan dicoba. Caranya seperti tadi pada bagian html anda cukup mengetik kode
Hasilnya : Assalamu'alaikum
Jika ingin gambar yang berjalan ketik :
hasil setelah diposting

Wanna try? Mungkin sedikit menguras tenaga dan pikiran juga untuk mempelajari kode html ini, semoga dua kode diatas bermanfaat. Jika ada yang ditanyakan silahkan komen :)

8 comments:

  1. Hiks, aku bacanya uda kebingungan sendiri Mak.
    Mungkin harus pake tutor untuk ngerti bahasa pemrograman kaya gini ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iy mak, memang sdikit bingung wktu prtma kali mengenal kode, mw munculin 1 kt j, kodeny berjubel

      Delete
  2. Kereenn..saya belum bisa kode-kode..takut salah dan lupa caranya balikin Mbak Farida hihihi👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba 2 kode yg d atas dlu j bund..Insya Allah mudah

      Delete
  3. Hadeuh.. Saya taunya nulis aja hahaha.. Maklum blogger HP.
    Tapi bagus juga kegiatannya mak, nambah ilmu buat blogger

    ReplyDelete
  4. Untuk urusan coding aku serahin sama yang di atas aja deh mba. (Baca : sama ahlinya) puyeeeeeng. Kalo yg simple2 sih aku ngerti dikit2, tapi kalo udah bicara soal template sungkem sama designernya. Hahaha

    ReplyDelete
  5. Pusing lihat kode. Mau belajar? Ogah! Makin pusing nanti 😂😂 dulu pernah nyoba2 otak atik blog pakai kode. Diwarna tulisannya, digoyang2, tapi kok makin aneh...kurang punya jiwa seni mungkin ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhee...brarti udah bisa pake kode selain yg sya contohin d atas donk mb..emg bljar kode susah gampang mb

      Delete