Wednesday 26 July 2017

Baik dan Buruk menyusui anak lebih dari 2 tahun

Yogyakarta, 27 Juli 2017



      Kenapa saya memilih topik ini untuk dibahas? ya, karena saya sendiri masih melakukan Breastfeeding bahasa kerennya sech "Nenenin", bukan bermaksud mesum lho. :). Saat ini anak saya berumur 2 tahun lebih 3 bulan. Banyak tetangga yang terheran-heran, anak umur 2 tahun kok belum disapih? Alasannya simple, belum tega dan belum siap untuk menyapih, hhe. Rencana mau saya sapih ketika sudah umur 2 tahun 6 bulan. Tapi asal bunda-bunda tau, walau anak masih menyusu di umur 2 tahun lebih, ada segudang manfaat yang bisa kita ambil But tetep ada sisi negatifnya juga. Wajarlah semua hal di dunia ini kan ada sisi positif dan negatifnya.
      Seperti yang diketahui Organisasi Kesehatan (WHO) menyarankan untuk pemberian ASI Eksklusif dilakukan hanya selama 6 bulan saja, selanjutnya pemberian ASI di umur 6 bulan lebih, bayi mulai  diperkenalkan dengan MP ASI (makanan pendamping). WHO juga mengatakan pemberian ASI dapat dilakukan MINIMAL sampai 2 tahun. Jadi, lebih boleh kan bund? kan minimal bukan maksimal. :), namun pasti di dalam benak para bunda menimbulkan pertanyaan, apa sech dampak positif dan dampak negatif menyusui lebih dari 2 tahun?



Maanfaat menyusui di atas 2 tahun:


1. Dalam hal kecerdasan, anak yang menyusu lebih lama memiliki IQ yang tinggi dibandingkan dengan anak yang menyusu hanya sampai dibawah 2 tahun.


2. Memiliki kekebalan tubuh yang baik.


3. Menurut Elizabeth N. Baldwin, "anak yang menemukan kemandiriannya sendiri akan lebih mandiri dibandingkan dengan anak yang dipaksa untuk mandiri".    

 

   

Maksudnya adalah tunggulah anak itu siap untuk disapih dan jangan memaksanya apabila belum siap untuk disapih (tapi tergantung kondisi Bundanya juga). Anak yang sudah siap disapih akan jauh lebih mandiri.



Dampak negatifnya:


1. Kandungan ASI berpotensi merusak gigi.


2. Saat bayi menyusu, giginya tak akan tersentuh air liur, padahal air liur memiliki fungsi untuk melindungi gigi dari bakteri.



* TAPI ITU BISA DICEGAH LHO Bund,


1. rajin-rajinlah menyikat gigi anak, kalau belum mau pakai sikat gigi, pakailah kain basah untuk menggosoknya (Aku banget).

 
 
 
 

2. Jangan biarkan puting berada di dalam mulut bayi semalaman, supaya air liurnya dapat menjalankan fungsinya.

 

 

Untuk langkah selanjutnya, terserah keputusan bunda-bunda sekalian apakah mau disapih kurang dari 2 tahun atau lebih, karena topik ini sebenarnya masih bersifat kontroversial. Sekian dari saya, semoga bermanfaat. :* :*

 

       


8 comments:

  1. Anakku tgl.22 agustus ini udah 3 tahun tp masih suka ASI 😕 dia minum ssuforny sekali-kali aja kalo lagi pengen, padahal pengennya sih udah berhenti total dari ASI. Gimana caranya tuh ya mak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. walau saya belum mengalami cara menyapih anak, tp Insya Allah cara ini, bisa dilakukan, jadi klo anak udah hampir menuju alam sadarnya (hampir mau terlelap tidur) di sugesti bund, misal "sayang, sayang kan udah 3 tahun, sudah gede, saatnya untuk tidak minum Asi ya" dan bisa dikasih sugesti lain lho bund, pokoknya yang positif2 "jadi anak pinter, sholeh, dll" kyk gt setiap hari,
      anak saya, saya gituin setiap hari, Alhamdulillah kosakata bhs asingnya bagus, padahal baru 2 th lebih bund :D, semoga bermanfaat ya bund

      Delete
  2. Senangnyaa bisa lebih dari dua tahun..biasanya anak-anak mulai aktif Usia segitu yaa Mbak farida

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak..aktifnya puoool, jadi klo anak lagi tidur, kerjaan rumah baru beres..:D

      Delete
  3. Senangnyaa bisa lebih dari dua tahun..biasanya anak-anak mulai aktif Usia segitu yaa Mbak farida

    ReplyDelete
  4. Aku sih nggak pernah lebih dari dua tahun, mba. Hehhee. Smoga si kecil tetap sehat ya mba :)

    ReplyDelete